Tuesday, June 19, 2018

Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja ( VIA e-mail / Online )

Artikel kali ini saya akan membagikan cara yang mudah membuat CV atau surat lamaran pekerjaan beserta contoh surat lamaran kerja.
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email,untuk mengirim surat lamaran pekerjaan,kita harus men-scan berkas-berkas surat lamaran sebagai kelengkapan melamar kerja,selanjutnya berkas yang sudah dijadikan file elektronik tersebut disimpan dalam format PDF, JPG, PNG, DOC ke dalam flashdisk,hardisk atau media penyimpan file elektronik lainya.Bila sewaktu-waktu akan digunakan kembali file elektronik tersebut dapat diambil untuk diupload/unggah sebagai persyaratan dalam melamar pekerjaan.



Berikut disajikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui email :

1. Persiapkan berkas yang akan dibuat file elektronik (di scan) diantaranya :

-Surat Lamaran Kerja.
-Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae).
-Ijazah/sertifikat yang dilegalisir.
-Kartu Indentitas (KTP).
-Pasfoto.
-Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
-Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter.
-Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans.

Perlu diingat saat melakukan scan berkas,usahakan ukuran file tidak terlalu besar, hal ini bertujuan agar saat mengupload file lamaran prosesnya tidak lama. Anda bisa melakukan setting pada software scanner untuk menentukan ukuran file hasil scan, atau apabila ukurannya masih besar bisa dikecilkan dengan menggunakan aplikasi di windows seperti Microsoft Office Picture Manager, Paint dan lain-lain.

2. Persiapkan akun email.

Bila belum memiliki email Anda bisa membuatnya. Ada banyak penyedia layanan email gratis yang bisa dimanfaatkan seperti Gmail, Yahoo, AIM, Hotmail, GMX, Eramuslim, Telkomnet, Plasa.com dan lain-lain. Khusus akun Gmail kami telah menyajikan tutorialnya yaitu  Cara Membuat Email Google atau gmail yang bisa Anda manfaatkan.

3. Pahami persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Terkadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta oleh perusahaan penerima lowongan pekerjaan, mungkin hanya berkas utama saja yang harus dikirim via email seperti surat lamaran, ijazah dan CV. Untuk hal seperti ini Anda hanya perlu mengirim persyaratan sesuai yang diminta, semakin sedikit berkas yang diupload/unggah maka prosesnya juga semakin cepat karena tidak membutuhkan file yang berukuran besar. Namun bila perusahaan penerima lowongan pekerjaan tidak mensyaratkan ini Anda bisa mengupload semua berkas lamaran yang Anda miliki.

Untuk lebih simple Anda bisa menyusun semua berkas lamaran dalam 1 file PDF, caranya dengan memasukkan file-file tersebut dalam microsoft office word (minimal versi 2007) dan menyimpannya (safe as) sebagai file PDF, atau bisa memasukkan file berkas lamaran dalam satu folder lalu mengkompresnya menjadi format zip atau rar. Hal tersebut dapat meringkas file berukuran besar menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk diupload.

4. Tujuan pengiriman dan judul email/Subject.

Saat ingin mengirim email pastikan alamat email tujuan sudah benar, periksa kembali dengan teliti jangan sampai surat lamaran Anda tidak sampai atau salah alamat.

Hal yang juga perlu diperhatikan dalam mengirim sebuah email adalah judul/subject nya. Kadang dalam inbox mail seseorang/perusahaan banyak sekali yang belum terbaca, bila judul email yang masuk tidak jelas bisa dianggap spam atau akan diabaikan. Oleh karena itu pemberian judul/subject menjadi sangat penting untuk dicantumkan serta disesuaikan dengan hal yang diminta misalnya Anda bisa memilih judul "Lamaran Pekerjaan Untuk Posisi Manajer Pemasaran" atau bila perusahaan mensyaratkan sistem kode bisa ditulis "Lamaran Pekerjaan Kode 0012" dan lain-lain.

5. Menulis redaksi dan menyisipkan Attachment.

Meskipun yang diperlukan perusahaan penerima lowongan adalah berkas lamaran yang berupa file elektronik namun penulisan redaksi pengantar juga perlu diperhatikan. Gunakana bahasa yang simpel dan tidak bertele-tele serta jelas maksudnya. Redaksi bisa dibuat sesuai surat lamaran pekerjaan yang juga disertakan dalam lampiran file elektronik.

Setelah redaksi isi email dibuat maka selanjunya adalah menyisipkan Attachment atau file yang akan disertakan, khusus pad Gmail menu Add Attachment atau Lampirkan File ada pada menu bawah bergambar clip. Klik gambar tersebut dan pilih file yang akan dilampirkan dalam email dari laptop/komputer Anda.

6. Test pengiriman email ke email sendiri.

Setelah semua hal diatas diperiksa dengan baik dan benar maka sebelum dikirim kepada email tujuan alangkah baiknya dilakukan test pengiriman email. Gunakan alamat email Anda yang lain untuk tujuan pengiriman, setelah terikirim Anda bisa membaca dan memeriksa kembali karena seperti itulah email yang akan dibaca oleh perusahaan yang dituju. Apabila dirasa masih ada yang kurang bisa dilakukan perbaikan, dan setelah yakin semuanya benar baru kirim ke alamat email perusahaan penerima lowongan pekerjaan. Tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan bahwa email Anda telah terkirim.

Demikianlah info Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email semoga bermanfaat.



perlu di perhatikan juga,serta dibaca :

Banyak juga teman-teman yang menanyakan Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email,dan bagaimana cara mengirim suraat lamaran kerja tersebut. Sebenarnya mudah sich... seperti kita mengirim email biasanya... Oke dech... berhubung kali ini saya memiliki sedikit waktu senggang, ada baiknya langsung saja saya posting "Contoh dan Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email"

1. Contoh surat lamaran kerja via email
Di baca baik-baik dan dihayati ya sob... :)

To : Jaya.Tunggal@PTgroup.com
       Cc : -
       Subject : Operator Komputer


       Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi pada blog/website di internet, bahwa "PT jaya Tunggal" membutuhkan beberapa lowongan kerja dalam kategori operator komputer, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

      Nama : Fefri Nurlaila
      Alamat : Jl. Mawar No.13 Semarang
      Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 13 Mei 1996
      Pendidikan : SMAN 3 Semarang

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.Bersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan diwawancarai.Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,


(Fefri Nurlaila)

Jika kita melihat contoh surat lamaran kerja diatas maka tidak bedanya dengan surat lamaran kerja dengan cara tradisional (VIA pos),yang membedakan hanyalah tempat penulisanya saja,yaitu kalo lamaran kerja via email tempat nulisnya ya di email atau file tersendiri,oke lanjut.


2. Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email
Anda harus menyediakan document yang diperlukan dalam bentuk SCAN, kalo bisa ukuranya dirubah dulu (compress) agar lebih hemat space (gak kegedean). Berikut ini contoh document yang biasanya dibutuhkan:

- Surat lamaran kerja, biasanya berformat office word.( ini dibutuhkan jika anda tidak menulis lamaran pada emailnya langsung )
- KTP
- Ijazah
- Paklaring
- SKCK
- CV atau biasa disebut Data riwayat hidup
- Pas foto 4x6

Lanjut sob...  saatnya kita belajar cara mengirim surat lamaran kerja via email.... Berikut ini saya sertakan 2 contoh jika anda menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo.

1. Klik Tulis atau Compose, silahkan menulis lamaran kerja di badan email seperti contoh diatas. Atau bisa juga tidak perlu menulis lamaran kerja di badan email, tapi sudah anda siapkan surat lamaran kerja dalam bentuk file biasanya berformat Ms Word.

2. Masuk pada halaman pesan baru, Masukkan alamat email yang akan dituju, Isikan subjek,kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai.

3. Pilih file yang akan dkirimkan. Silahkan pilih satu persatu atau sekaligus.

4. Tunggu sampai semua file telah di upload.

5. Jika semua file telah di upload, saatnya untuk mengirimkan berkas anda... Namun sebelumnya, pastikan dulu bahwa alamat email tujuan sudah benar dan berkas yang akan dikirimkan sudah lengkap.

6. Selesai.


Demikian contoh dan cara mengirimkan surat lamaran kerja lewat email.Terima kasih sudah mampir di blog saya yang sederhana ini. Semoga artikel yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi kita semua,sampai jumpa di artikel selanjutnya.