Sunday, July 1, 2018

Asam Urat Penyebab dan Gejalanya serta Pantangannya

Asam urat adalah penyakit yang di sebabkan karena konsumsi zat purin yang berlebih di dalam tubuh.Purin di olah di dalam tubuh menjadi asam urat,asam urat yang berlebih akan membentuk kristal asam yang menumpuk pada persendian,akibatnya persendian akan terasa nyeri,sakit dan bengkak.Asam urat adalah penyakit hasil dari sisa zat purin yang berlebih yang berasal dari sisa makanan yang telah kita konsumsi.Purin sendiri adalah zat yang terkandung dalam setiap mahkluk hidup,jadi di dalam tubuh kita juga pasti mengandung zat purin,saat kita mengkonsumsi makanan misalnya daging,sayuran atau buah-buah an pasti zat purin yang di kandung di dalamnya juga akan berpindah ke dalam tubuh kita.


Selain sayur-sayur an dan buah-buah an,zat purin juga di hasilkan dari perusakan sel-sel di dalam tubuh secara alami akibat penuaan dan akibat penyakit tertentu.Biasanya zat purin akan menumpuk dan berlebih sehingga menimbulkan penyakit asam urat pada laki-laki dewasa dan juga menyerang wanita yang sudah menopause.

Penyebab seseorang bisa terkena penyakit asam urat :

1.Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi,melakukan gaya hidup yang tidak sehat,jarang ber olah raga,minum-minuman beralkohol sehingga dapat meningkatkan kadar asam urat yang tinggi.

2.Menderita suatu penyakit tertentu seperti diabetes,darah tinggi,serta kolesterol dan juga ginjal yang rusak dapat meningkatkan perusakan sel-sel dalam tubuh sehingga kandungan zat purin dalam tubuh menjadi meningkat.

3.Pemakaian obat-obatan seperti diuretik, aspirin harus diperhatikan dan dikonsultasikan ke dokter karena dapat meningkatkan kadar asam urat.

4.Penyebab asam urat juga bisa terjadi dari tubuh kita sendiri,adanya gangguan hormon yang tidak seimbang sehingga menyebabkan metabolisme tubuh terganggu,yang bisa juga berakibat neiknya kadar asam urat dalam tubuh.

5.Pria memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat, tetapi wanita yang telah memasuki masa menopause juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan pria.

Nah,untuk mengetahui apa saja gejala yang bisa kita ketahui jika mengalami penyakit asam urat adalah sebagai berikut.

Gejala penderita penyakit asam urat :

1.Kaki membengkak dan meradang sehingga terlihat seperti memar kemerahan.

2.Merasakan nyeri,linu dan sakit pada area sekitar persendian,serta mengalami kesemutan.

3.Terasa sakit ketika kita berjalan atau bergerak,biasanya kaki sulit untuk bisa berjalan,karena jika sudah parah akan terasa sangat sakit dan membengkak.

4.Daerah persendian yang sering terasa sakit dan nyeri,biasanya sekitar sendi di jari tangan atau kaki,daerah tumit,dengkul dan pergelangan tangan.

5.Untuk lebih akurat nya segera periksalah kesehatan di laboratorium,kadar normal asam urat pada pria berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl dan untuk wanita antara 2,6 sampai 6 mg/dl.

Untuk kalian yang sudah terlanjur terkena sam urat dan yang ingin terhindar dari penyakit ini hendaknya jauhi beberapa makanan dan minuman yang di pantang di bawah ini :

Pantangan untuk penderita penyakit asam urat :


  • Usahakan menghindari makan jeroan seperti :otak,paru,hati,limpa,usus,ginjal serta babat.
  • Usahakan menghindari makanan seafood :seperti udang,kepiting,cumi,gurita,kerang,remis,tiram,ikan teri dan ikan sarden.
  • Hindari makanan hasil tangkapan ikan di sungai atau ikan air tawar seperti :ikan lele,belut,udang dan kepiting sungai,serta keong.
  • Hindari juga makanan ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Hindari makan daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda,bebek, angsa dan kalkun,burung dan kelelawar.
  • Jangan makan kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  • Beberapa sayuran seperti : kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Hindari mengkonsumsi krim,es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Hindari juga makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega,makanan kaya protein, lemak dan darah.
  • Walau buah-buahan baik bagi kita tapi buat penderita asam urat hindari buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
Berikut saya juga akan bagikan juga beberapa tips bermanfaat buat penderita penyakit asam urat :

  1. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti buah pisang,tomat dan juga kentang.
  2. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti buah jeruk,stroberi dan juga buah pepaya.
  3. Buah dan sayur yang baik untuk mengatasi asam urat di antaranya : buah naga,belimbing wuluh,jahe,labu kuning, sawi hijau,sawi putih,serai dan juga tomat.
  4. Jangan minum aspirin kecuali dari resep dokter.
  5. Makan makanan berkabohidrat tinggi dan komplek seperti nasi dan juga singkong.
  6. Hindari berat badan berlebih atau obesitas,lakukan olah raga ringan secara rutin.
  7. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari,atau kurang lebih 2 liter.
  8. Hindari makanan atau minuman yang di pantang seperti yang saya tuliskan di atas.