Monday, August 13, 2018

Manfaat dan Khasiat Buah Mangga Untuk Kesehatan Kita

Mangga adalah pohon yang memiliki buah dengan nama yang sama,dan buah mangga termasuk buah musiman.Pohon mangga adalah pohon yang komplek,memiliki batang yang kuat,dan banyak cabang serta daun,dan bisa mencapai tinggi kurang lebih 40 m.Mangga adalah pohon yang berasal dari negeri india,nama lain dari mangga adalah mangifera indica yang berarti "(pohon) yang berbuah mangga dari india".


Mangga memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan,berikut adalah beberapa kandungan nutrisi dan vitamin yang berguna bagi kesehatan manusia :

Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz, Energi 272 kJ (65 kcal), Karbohidrat 17,00 g, Gula 14,8 g, Diet serat 1,8 g, Lemak 0,27 g, Protein 0,51 g, Vitamin A equiv. 38 mg (4%), Beta-karoten 445 mg (4%), Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%), Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%), Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%), Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%), Vitamin B6 0,134 mg (10%), Folat (Vit. B9) 14 mg (4%), Vitamin C 27,7 mg (46%), Kalsium 10 mg (1%), Besi 0,13 mg (1%), Magnesium 9 mg (2%), Fosfor 11 mg (2%), Kalium 156 mg (3%), Seng 0,04 mg (0%). Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa.

Karena mangga mengandung banyak zat nutrisi dan vitamin yang lumayan komplit,maka banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah mangga,berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat buah mangga bagi kesehatan kita :

1. Mencegah Kanker
Mengandung senyawa yang baik dan vit C yang tinggi,mampu menambah daya imunitas tubuh dari bahaya radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit kanker.Antioksidan yang hadir dalam buah mangga ini telah ditemukan untuk melindungi terhadap bahaya kanker,termasuk juga kanker usus besar,kanker payudara,leukemia dan juga kanker prostat.

2. Dapat Mengurangi Kadar Kolesterol
Mangga kaya akan prebiotik serat makanan.Tingkat tinggi serat,pectin dan vitamin C dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol serum,khususnya Low-Density Lipoprotein (kolesterol jahat).Mangga juga mengandung kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyeimbangkan sel cairan tubuh yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Kandungan serat dalam buah mangga dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan.Dengan serat yang di kandung dalam buah mangga maka akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lebih baik.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Tidak hanya wortel saja yang mengandung vit A yang berguna bagi kesehatan mata,ternyata mangga juga mengandung vit A,yang tentu saja akan menjaga kita dari beberapa gangguan penurunan fungsi penglihatan kita.Jadi tidak harus makan wortel saja untuk merawat kesehatan mata.

5. Menambah Daya Kekebalan Tubuh (Imunitas)
Tidak perlu diragukan lagi,karena di dalam buah mangga mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang akan membantu tubuh dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

6. Baik Bagi Penderita Anemia
Zat besi yang terkandung di dalam buah mangga akan bisa membantu bagi penderita anemia,terutama bagi kaum wanita yang mengalami menstruasi,tentu dengan mengkonsumsi buah mangga bisa menjadi alternatif untuk terhindar dari penyakit anemia.


Bagaimana?,selain buahnya memiliki rasa yang enak dan segar,ternyata buah mangga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita.Sayang di saat saya menulis artikel ini,belum musimnya buah mangga.Jangan lupa nanti,ketika musim buah mangga telah tiba,untuk segera mengkonsumsi buah mangga ini ya!!!.Salam,semoga artikel ini bermanfaat.