Friday, September 7, 2018

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatanmu

Tomat yang memiliki nama latin Solanum lycopersicum merupakan tumbuhan yang masih berasal dari keluarga Solanaceae. Tomat merupakan tumbuhan asli amerika tengah dan selatan namun meskipun bukan berasal dari negara kita namun orang-orang sudah sangat kenal dengan tomat ini apalagi kalau ibu rumah tangga pasti sudah akrab dengan buah tomat karena udah sering masak tomat. Orang mengenal tomat sebagai tomat sayur, serta tomat lalapan bukan buah. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buah maupun sayuran, walaupun struktur tomat adalah struktur buah.


Dan ini adalah beberapa manfaat atau khasiat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah tomat :

1. Dapat menghaluskan kulit & bebas jerawat.
Dalam tomat mengandung zat tomatin yang bersifat sebagai anti inflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat. Menurut Lesley Rhodes, ahli ilmu penyakit kulit di University of Manchester, yang dikutip BBC mengatakan bahwa ”Makanan tomat mendorong secara mencolok tingkat procollagen di kulit. Peningkatan ini menunjukkan potensi pembalikan proses penuaan kulit”. Dan penelitian yang baru-baru ini dipresentasikan di British Society for Investigative Dermatology ini menduga manfaat tomat untuk kulit manusia tersebut berasal dari kandungan antioksidan lycopene yang dimiliki oleh buah yang sarat vitamin C ini. Antioksidan tersebut diyakini akan memiliki konsentrasi yang tinggi setelah buah tomat dimasak.


2. Dapat memulihkan fungsi lever.
Ada beberapa tokoh yang berpendapat, bahwa tomat dapat memulihkan lever yakni Dr. John Cook Bennet, Dekan Fakultas Kedokteran Willoughby University di Ohio, mengatakan "Tomat bisa mengobati diare, serangan empedu, dyspepsia (gangguan pencernaan), dan mencegah kolera." Yang lebih dahsyat, Bennet menyatakan, minum jus tomat mampu memulihkan fungsi lever. Selang 120 tahun kemudian, ilmuwan Yumi Tohuoka melalui penelitiannya menunjukkan dukungannya terhadap Bennet. Dalam laporan TheTohoku Journal of Experimental Medicine terbitan Tohoku University di Jepang, Tohuoka menyatakan, jus tomat secara klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever. Demikian pula John Heinerman, seorang peneliti medis yang bekerja sama dengan tabib berkesimpulan, "Tak ada cara yang lebih baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, selain dengan meminum jus tomat."

3. Dapat mencegah timbulnya kanker
Beberapa waktu silam tanpa sengaja dihasilkan sejenis tomat yang mengandung antioksidan lycopene tiga setengah kali lebih banyak. Ini berawal dari usaha ilmuwan di Purdue University dan Pusat Penelitian Pertanian Departemen Pertanian AS untuk mengembangkan tomat yang memiliki kualitas lebih baik dan tidak mudah busuk. "Namun, dalam proses berikutnya, mereka menemukan bahwa tomat tersebut memiliki kandungan antioksidan lycopene lebih tinggi ketimbang tomat biasa," kata Avtar Handa, profesor horti kultur di Purdue. Ini tentu memberi harapan lebih besar dalam upaya melawan kanker.

4. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. “Apalagi tomat juga tinggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh”. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet

5. Membantu menjaga kesehatan mata
Organ penglihatan atau mata merupakan organ yang penting, yang mendukung aktivitas keseharian anda, karena itu anda harus menjaganya agar selalu tetap sehat. buah tomat ternyata memiliki komposisi vitamin A, karena alasan itulah maka buah ini baik untuk menambah kesehatan mata anda.

6. Membantu kesehatan sistem pencernaan
Buah tomat mentah sangat bagus untuk membantu mengatasi gangguan saluran pencernaan. contoh gangguan saluran pencernaan yang dapat diatasi dengan menggunakan tomat mentah yaitu susah buang air besar dan gangguan sembelit. alasannya merupakan buah tomat memiliki komposisi serat yang bisa membantu organ usus seseorang untuk mencerna makanan yang memang  untuk dicerna. dengan begitu anda pun akan menjadi lebih sehat dengan bantuan tomat mentah tersebut.

7. Membantu menguatkan tulang
Buah tomat mentah juga memiliki fungsi untuk menguatkan tulang pada bagian dalam tubuh anda, hal ini dikarenakan buah tomat memiliki komposisi vitamin K cukup tinggi, jadi tulang pun tetap terjaga, khususnya dari problem osteoporosis atau tulang keropos.


Menurut penelitian dari dr. john cook bennet dari wiloughby university, ohio, sebagai orang pertama yang meneliti kegunaan tomat, pada november 1834, memperlihatkan bahwa tomat dapat mengatasi diare, agresi empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever. peneliti lain dari rowett research institute di aberdeen, skotlandia, juga berhasil menemukan kegunaan tomat lainnya. menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan sakit jantung dan stroke.

Hal ini juga disetujui oleh dokter gizi, Dr. leane Suniar Manurung, MSc. melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun semenjak usia dini. “apalagi tomat juga tinggi komposisi vitamin C dan vitamin A, yang dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.” tapi tomat apa yang baik dikonsumsi? bila melihat dipusat perbelanjaan tradisional, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. perbedaan warna ini menunjukan komposisi vitaminnya. menurut leane, tomat yang baik dikonsumsi merupakan tomat merah. tomat berwarna merah di dalamnya terdapat vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.semakin matang tomat, semakin kaya komposisi vitaminnya. “karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah. ini penting untuk kesehatan matanya,” ujar leane. jadi, tak pelu ragu memberi si kecil tomat. semenjak dini, seorang anak mulai dibiasakan memakan tomat yang dicampur dengan sayuran lainnya.

Jadi mulai sekarang jangan hindari konsumsi atau makan buah tomat ya...., karena tomat sangat baik bagi kesehatanmu.Salam sehat untuk seluruh rakyat Indonesia.