Thursday, January 17, 2019

Manfaat Madu Hitam Pahit Baik Buat Kesehatan

Madu adalah hasil alam yang mengandung aneka zat gizi seperti Karbohidrat, Protein, asam amino, vitamin, mineral, dekstrin, pigmen,  Madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk lemak lainnya seperti susu, telur, daging, keju, dan mentega  ( lebih tinggi sekitar 82,3 % ,  Setiap 100 gr madu murni bernila 294 kalori atau berbanding 1000 gr  )   Madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5.675 liter susu atau 1680 gr daging, dari hasil penelitian terbaru ternyata zat zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek  yaitu 181 jenis.


Salah satu kelebihan madu ( hasil penelitian Peter C Molan 1992  Dept. Biological sciences university of  waikoto Selandia Baru)  yaitu mengandung anti biotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit dan  ( hasil penelitian Komarudin 1997 ,  Dept of  Biochemistry faculty of medicine university of  Malaysia ) Madu mengandung zat anti Mikrobial yang dapat menghambat penyakit.

Madu sendiri sudah di percaya oleh manusia pada masa purba, sebagai makanan yang sehat, yang mampu membantu menjaga kesehatan dari berbagai penyakit.

Apa itu madu hitam? kenapa madu ada yang berwarna hitam?

Madu hitam adalah madu yang diproduksi oleh lebah penghisap nektar bunga mahoni ini adalah madu asli, tanpa zat tambahan baik pewarna maupun perasa, warna hitam dan rasa pahitnya adalah alami, dengan demikian memiliki manfaat madu hitam yang seutuhnya.


Apa saja khasiat madu hitam buat kesehatan?

1. Rendah Glukosa Baik Untuk Penderita Diabetes.
Madu hitam merupakan madu pahit yang kaya khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Madu ini memiliki kandungan glukosa yang rendah dibandingkan dengan jenis madu lainnya, sangat cocok digunakan sebagai suplemen kesehatan penderita diabetes.

2. Sebagai Anti Infeksi dan Mempercepat Proses Penyembuhan.
Madu hitam  memiliki kandungan alkaloid yang tinggi berperan sebagai anti infeksi yang membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

3. Menambah Stamina Pria Dewasa.
Madu hitam memiliki manfaat sebagai afrodisiak (penambah gairah seksual), mampu meningkatkan stamina dan memelihara vitalitas. Konsumsi madu hitam pahit secara teratur dapat mengatasi lemah syahwat, lebih bertenaga dan tahan lama dalam berhubungan intim.

4. Baik Menjaga Kesehatan Pencernaan Dan Lambung.
Manfaat madu hitam lainnya, yaitu sangat baik untuk pencernaan. Sangat cocok bagi penderita penyakit maag, madu pahit ini dapat menekan produksi asam lambung yang berlebihan, menghilangkan rasa sakit dan  mual ketika maag kambuh.

5. Sebagai Anti Biotik Alami
Selain itu, manfaat lain yang bisa didapat dari madu ini adalah kandungan antibiotik alaminya yang aman bagi tubuh. Kandungan antibiotik alami madu ini dapat mengatasi keluhan infeksi pernapasan ringan, seperti: batuk, sakit tenggorokan, sesak napas dan flu.

6. Sebagai Anti Oksidan
Peran penting dari senyawa fenolat dalam madu hitam adalah sebagai antioksidan yang menghambat aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

7. Mengurangi Rasa Sakit Nyeri Dan Menjaga Sistem Imunitas
Manfaat madu hitam lainnya yang mungkin bisa didapat berkat kehadiran senyawa fenolat adalah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Manfaat lainnya yang mungkin hadir adalah aktivitas analgesik. Efek utama analgesik adalah menghilangkan rasa nyeri.

8. Menurunkan gejala asam urat
Asam urat adalah penyakit yang ditandai dengan gejala nyeri pada sendi, pembengkakan, hingga membuat penderitanya sulit bergerak. Manfaat madu hitam adalah untuk meredakan gejala tersebut. Gunakan madu hitam secara rutin untuk mencegah asam urat kambuh kembali.

9. Menurunkan kolesterol
Manfaat madu yang kedua adalah dapat menurunkan kolesteerol jahat dalam tubuh. Tingginya kada kolesterol dalam tubuh dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, terutama penyakit kardiovaskular. Konsumsi madu hitam secara rutin dapat menetralkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut.Madu hitam juga secara langsung dapat menurunkan risiko serangan jantung koroner karena adanya aktivitas antitrombotik. Sifat ini dapat mencegah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Dan tentu masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari madu hitam ini, berbagai penelitian dan testimoni  penggunaan madu hitam sudah banyak membuktikan khasiat dan manfaat madu hitam sebagai suplemen kesehatan terpercaya.