Wednesday, May 16, 2018

Manfaat (Jus) Jambu biji

Jambu biji atau bahasa latinnya disebut juga dengan nama guava,kalau orang jawa bilang dengan sebutan jambu klutuk,adalah jenis tanaman buah tropis yang berasal dari daerah amerika latin,lebih tepatnya berasal dari daerah brazil.Seiring berjalannya waktu,buah ini pun mulai tersebar ke seluruh penjuru dunia,termasuk juga di Indonesia.Buah jambu biji biasanya berwarna hijau ketika belum masak,dan akan berwarna hijau kekuning kuningan ketika buah jambu biji ini sudah masak.Sedangkan daging buah jambu biji ini biasanya ada yang berwarna putih dan juga ada yang berwarna merah,jika sudah masak biasanya jambu biji akan memiliki rasa yang manis dan segar.


Buah yang bisa tumbuh subur di pekarangan rumah ini juga memiliki bermacam macam varietas,di Indonesia sendiri kita biasa jumpai di supermarket maupun di pasar pasar tradisional banyak yang menjual buah jambu biji berjenis jambu biji kristal dan juga jambu biji bangkok.Kedua jenis jambu ini merupakan buah jambu biji unggulan,di karenakan biasanya buah berukuran besar,dengan daging buah yang lebih banyak dan memiliki sedikit biji.

Untuk khasiat serta manfaatnya sendiri,buah jambu biji ini terbilang memiliki banyak manfaat.Kandungan gizi yang komplek dalam buah jambu biji ini sangat di perlukan bagi kebutuhan gizi untuk tubuh manusia,di antaranya adalah serat yang tinggi,vit a,vit c,vit e,vit k,kalium,kalsium,dan masih banyak lagi kandungan gizi dalam sebuah yang satu ini.Bahkan daunnya pun biasa di manfaatkan sebagai obat,terutama untuk obat diare.

Berikut akan saya paparkan beberapa manfaat atau khasiat buah jambu biji yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah jambu biji:

1.Sebagai anti oksidan.
Mengandung anti oksidan yang tinggi membuat buah jambu biji ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas,sehingga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2.Mencegah penyakit kanker.
Flavonoid dan fitonutrien dalam jambu biji ini sangat berguna dalam mencegah bahaya penyakit kanker,anti oksidan dan vit c yang tinggi juga berperan untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit termasuk juga kanker.

3.Membantu menjaga kesehatan mata.
Vitamin A yang terkandung dalam buah jambu biji akan membantu menjaga kesehatan mata,membantu menjaga perkembangan sel sel dalam tubuh,meningkatkan imunitas dan juga bermanfaat bagu kesehatan kulit.

4.Menjaga kesehatan pencernaan.
Kaya akan serat,dapat membantu melancarkan sistem pembuangan kotoran,sehingga kesehatan pencernaan akan lebih terbantu.Sebuah jambu biji memiliki serat sebanyak 12% jumlah asupan serat yang di perlukan tubuh dalam satu hari.,sehingga dengan mengkonsumsi buah jambu akan mengurangi sembelit,dan menjaga kesehatan usus kita.

5.Mencegah/mengurangi resiko diabetes.
Dalam sebuah penelitian,di sebutkan bahwa jambu biji dapat melindungi ginjal dari perkembangan diabetes,dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah,serta dapat mengurangi resiko kerusakan akibat peradangan atau oksidasi akibat diabetes.

6.Membantu menjaga kesehatan jantung.
Kandungan anti oksidan akan menjaga jantung dari bahaya radikal bebas,kalium dalam buah jambu biji ini sangat diperlukan sel dan cairan tubuh dalam mengontrol tekanan darah,dan juga serat akan mengikat kolesterol jahat sehingga akan membantu kelancaran sistem peredaran darah dan kesehatan jantung.

Kandungan air dalam buah jambu biji dapat membantu menyegarkan tubuh anda,bahkan buah jambu biji merah sering di manfaatkan untuk membuat jus buah yang menyegarkan,selain menyegarkan jus buah dengan minim tambahan gula tentu akan sangat ber manfaat bagi kesehatan anda.Bijaklah dalam mengkonsumsi buah,minumlah jus buah yang sehat dengan mengurangi/meminimalisir penambahan gula.