Thursday, December 27, 2018

Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Plum Bagi Kesehatanmu

Pertama kali melihat buah plum, sekilas terlihat seperti buah apel dan buah kesemek tapi dengan ukuran yang agak kecil. Buah plum menjadi trend di kalangan remaja khususnya bagi para wanita untuk membantu dalam proses penurunan berat badan bagi yang memiliki masalah berat badan berlebih. Rasa asam dan banyaknya serat yang terkandung dalam buah plum di percaya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan saluran pembuangan kotoran.


Buah plum sendiri mengandung vit C, vit B, vit K, dan juga kalsium, zat besi, magnesium, fluoride, phenols, dan beta-carotene, vit A, vit E, lutein, dan tentu masih banyak lagi. Dan berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi buah plum :

1. Buah Plum Baik Bagi Kesehatan Pencernaan
Serat buah plum mampu memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir. Kandungan dalam buah plum berperan penting dalam membersihkan usus yang kotor. Usus yang kotor dikaitkan dengan sistem pencernaan yang kurang lancar. Konsumsi buah plum dipercaya dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Zat yang berperan dalam fungsi ini adalah zat sorbitol. Sistem pencernaan yang lancar akan menghindarkan kita dari risiko diare ataupun sembelit.Sementara itu, serat plum yang tidak larut, bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya. Bakteri baik dalam usus menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut asam butirat. Asam butirat berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya.

2. Buah Plum Mampu Menurunkan Kolesterol
Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut, asam propionat yang dihasilkan serat buah plum memiliki sifat penurun kolesterol. Dalam penelitian hewan, asam propionat telah terbukti menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol oleh hati.

Dengan menurunkan aktivitas enzim ini, asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Serat tidak larut juga mampu mengurangi kolesterol yang di produksi oleh hati.

3. Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh
Mengandung antioksidan yang tinggi, buah plum di percaya dapat menjaga tingkat metabolisme tubuh. Antioksidan dalam buah plum berfungsi untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Kondisi ini akan semakin menguntungkan untuk proses metabolis tubuh. Ketika sistem metabolisme bekerja dengan baik, maka tubuh akan menjadi lebih sehat.


4. Menjaga Daya Tahan Tubuh Dari Bahaya Radikal Bebas
Buah plum mengandung fitonutrien unik yang disebut asam neochlorogenic dan chlorogenic. Kedua zat ini tergolong sebagai fenol. Fenol adalah salah satu jenis antioksidan yang terbukti ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya yang disebut radikal anion superoksida. Fenol juga terbukti membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel otak dan molekul seperti kolesterol sebagian besar tersusun dari lemak, sehingga penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada lemak.
Buah plum mengandung zat anti oksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa anti oksidan seperti lutein mampu mengurangi jumlah radikal bebas berbahaya yang ada di dalam tubuh.

5. Menjaga Jantung Tetap Sehat
Karena buah plum memiliki sifat anti oksidan yang tinggi, tentu juga akan berpengaruh bagi kesehatan jantung kita. Selain itu buah plum adalah sumber kalium yang baik, elektrolit yang membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke. Karena tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, untuk itu rutin mengonsumsi plum dapat membantu anda mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh. Terlebih lagi, zat pewarna alami buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.
Buah plum bersifat anti-inflamasi yang sangat berperan positif untuk mengatasi berbagai permasalahan jantung, diabetes dan kolesterol. Selain itu, buah plum juga mengandung vitamin K yang dapat mencegah serangan jantung mendadak.

6. Mampu Menurunkan Berat Badan Dan Baik Untuk Diet
Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa buah plum dapat membantu para remaja dan dewasa dalam menurunkan berat badan yang berlebih. Karena kaya akan serat yang dapat membantu membuang kotoran dan membersihkan sistem pembuangan kotoran.Padatnya serat buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Plum mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan lambat dalam tubuh.

Gimana? Sudah mencoba konsumsi buah plum? tentu masih buanyak manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah merah yang asam manis ini, misalnya buah plum yang mengandung anti oksidan otomatis juga dapat melindungi sistem imunitas, mencegah kanker, baik untuk kulit, dan tentunya masih banyak lagi ya guys. Namun perlu di perhatikan, serat tinggi yang di kandung buah plum juga dapat membuat kamu jadi sembelit jika mengkonsumsi secara berlebihan, jadi makan buah plumnya secukupnya aja ya...