Wednesday, December 12, 2018

Mengatasi atau Mengobati Sakit Kepala Tidak Harus Minum Obat

Setiap dari kita pasti pernah mengalami rasa sakit kepala, kepala terasa berat dan serasa berdengung dengan rasa agak sakit, mencengkeram di area sekitar kepala yang bisa mengganggu kegiatan sehari hari kita.Biasanya sakit kepala bisa datang tiba tiba, dan tentu saja cara yang paling simpel dan mudah adalah dengan minum paracetamol sehingga rasa sakit yang di timbulkan bisa mereda.


Namun sakit kepala juga bisa di atasi tanpa minum obat obatan kimia yang tentu saja akan berdampak buruk di masa tua jika kita terlalu sering mengkonsumsi obat kimia...
Berikut akan saya bagikan beberapa tips jika kita sedang mengalami sakit kepala yang mungkin bisa kita atasi tanpa meminum obat, lets cekidot :

Minum Air Putih
Cara mengatasi sakit kepala bagian belakang yang paling mudah adalah dengan minum air putih. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa salah satu penyebab munculnya sakit kepala bisa disebabkan karena dehidrasi atau kurang minum air putih. Jadi ketika Anda terserang sakit kepala, cobalah untuk segera minum air putih.Tidak hanya mengatasi sakit kepala saja, minum air putih 8 gelas per hari memang sangat di anjurkan untuk memelihara kesehatan tubuh kita.

Konsumsi Pisang
Pisang juga baik untuk mengatasi sakit kepala dikarenakan di dalam pisang terdapat kandungan potasium dan magnesiumnya. Kandungan potasium dan magnesium pada pisang bisa digunakan sebagai pereda sakit kepala. Yang harus diingat di sini adalah mengkonsumsi pisang tidak boleh berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan justru tidak baik bagi tubuh seseorang.

Relaksasi Air Hangat dan Minyak Kayu Putih
Kalian bisa menghilangkan sakit kepala dengan air panas dicampurkan dengan minyak kayu putih. Caranya pun sangat mudah saja yaitu dengan meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas tersebut kemudian hirup aroma dari air panas yang telah dicampurkan dengan minyak kayu putih tersebut. Aroma yang dikeluarkan oleh air panas dengan minyak kayu putih itu dipercaya bisa digunakan untuk merilekskan pikiran kemudian sakit kepala pun bisa diredakan dan dihilangkan. Air panas dan juga minyak kayu putih ini bisa digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan.

Istirahat di Tempat Sunyi dan Gelap
Coba pejamkan mata sejenak di ruangan yang gelap dan sunyi, hal ini dapat membantu meredakan sakit kepala karena umumnya sakit kepala itu peka terhadap cahaya dan suara. Di kegelapan, biarkan otot-otot yang tegang rileks dengan sendirinya. Kamu juga bisa menikmati suasana itu sambil mendengarkan musik yang tenang, biasanya digunakan untuk meditasi.

Kompres Dengan Air Hangat atau Air Es
Cara yang sering kita lihat disaat orang orang mengalami sakit kepala atau pusing ya dengan cara di kompres, cara ini memang mujarab. Coba saja gunakan kompresan air panas untuk merilekskan area bahu, leher. Ini dapat meredakan sakit kepalamu. Untuk sakit kepala berdenyut, gunakan es batu yang dibalut dengan handuk, tempelkan di dahi dan pelipis.

Terapi Pijat
Terserang sakit kepala ketika bekerja akan mengganggu aktifitasmu. Luangkan waktu beberapa menit untuk memijat area pelipis dan melakukan peregangan kecil, agar otot-ototmu mengalami relaksasi dan kamu dapat kembali bekerja dengan tenang. Lakukan terhadap otot-otot yang kamu rasa tegang, misalnya leher dan tangan.

Minum Kopi Hangat
Seperti yang dilansir di National Geopraphic, kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak sehingga bisa mengalirkan darah lebih cepat dan mencegah peluasan rasa sakit.Kesimpulannya, jika rasa sakit di kepala datang, waktunya untuk ngopi.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan jika sakit kepala tiba tiba menyerang dan membuat aktifitasmu terganggu...Oh, iya ada juga lho cara unik lainnya yaitu dengan cara mengalihkan konsentrasi kamu ke hal yang kamu sukai, dengan memikirkan sesuatu yang kamu sukai maka rasa sakit di kepala akan teralihkan dengan sugesti pikiran kamu yang kuat.