Monday, November 26, 2018

Yuk Cari Tahu Apa Saja Manfaat Buah Semangka

Buah semangka atau watermelon adalah buah dari tanaman merambat yang di sebut juga semangka atau tembikai, buah semangka berasal dari daerah semi gurun di kawasan afrika bagian selatan. Citrullus Lanatus adalah nama latin dari tanaman semangka, buah semangka memiliki kulit buah yang tebal dan berwarna hijau dengan corak garis garis seperti batik. Daging buah semangka berwarna merah dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi, bisa di katakan buah semangka ini adalah buah pelepas dahaga apalagi jika musim panas telah tiba.


Buah semangka banyak mengandung senyawa yang berguna bagi tubuh manusia, di antaranya kandungan dari buah semngka yakni : Vit A, Vit C, Kalsium, Zat Besi, Vit D, Vit B6, Kobalamin dan Magnesium serta masih banyak lagi.

Dan Berikut adalah manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi buah semangka selain bisa menghilangkan dahaga di cuaca sedang terik :

1. Jantung Yang Lebih Sehat.
Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.

2. Mata Yang Lebih Sehat.
Ini dikarenakan, buah ini mengandung betakaroten yang akan di ubah didalam tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang akan menyehatkan organ penglihatan anda.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

4. Perlindungan Dari Radikal Bebas.
Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.

5. Memperkuat Tulang Tubuh.
Ini dikarenakan, semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Kalium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.


6. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat.
Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di didalam tubuh.

7. Mengurangi Lemak Pada Tubuh.
Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh anda.

8. Menurunkan Tekanan Darah
Di dalam buah semangka terdapat kandungan Kalium (K) dan Magnesium (Mg) sehingga dapat menurunkan tekanan darah pada manusia. Sangat bermanfaat untuk dikomsumsi bagi anda yang menderita Darah Tinggi

9. Menghindari Dehidrasi atau Kekurangan Cairan
Dehidrasi pada tubuh di akibat karena kurangnya kandungan air pada tubuh manusia, sedangkan buah semangka kaya akan kandungan air di dalamnya sehingga dapat mencegah Dehidrasi atau Kekurangan cairan.

10. Menyehatkan Kulit
Buah semangka kaya akan vitamin C dan vitamin A sebagai nutrisi bagi kulit. Dengan mengkonsumsi  2-3 potong buah semangka dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. apalagi dengan kandungan asam amino yang terdapat pada buah semanggka dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Itulah beberapa hal yang bisa kita dapatkan jika kita menyantap buah semangka yang segar dengan kandungan airnya yang tinggi. Apalagi bisa di bilang buah semangka adalah buah yang mudah terjangkau dari segi ketersediaan dan juga harganya. Namun perlu juga untuk di perhatikan, untuk tidak mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan, karena mengkonsumsi buah semangka secara berlebih juga dapat menggangu kesehatan, jadi bijaklah dalam mengkonsumsi buah buahan ya...
Sekian dan terima kasih, sampai jumpa di artikel selanjutnya....