Monday, August 6, 2018

Manfaat Dan Khasiat Buah Pepaya

Buah pepaya adalah buah yang mudah kita jumpai dan mudah dalam penanamannya,bahkan sering sekali pohon pepaya ini tumbuh sendirinya di pekarangan rumah atau di kebun.Tahu ga?,kalau buah pepaya ini memiliki banyak manfaat yang ber khasiat baik bagi kesehatan kalian.Apalagi di cuaca yang lagi tidak menentu ini,udara yang sebentar panas,sebentar bisa hujan atau dingin,membuat banyak dari kita sering mengalami gangguan masalah kesehatan.


Buah pepaya terbilang buah yang cukup terjangkau harganya,di setiap pasar buah maupun pasar tradisional banyak kita jumpai pedagang yang menjual buah pepaya.Sedikit informasi,bahwa buah pepaya ini sebenarnya berasal dari daerah amerika selatan dengan nama latin carica papaya,yang kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk di indonesia.Untuk nama pepaya sendiri di ambil dari bahasa belanda dari kata "papaja".

Selain di konsumsi buah nya yang masak,buah pepaya yang mentah ini juga sering di masak sebagai sayur.Buah pepaya memiliki tekstur buah yang lembut ketika di makan dan mengandung banyak air,rasanya yang manis dengan daging buah yang masak memiliki warna kemerah merahan (oranye).

Kandungan nutrisi dan gizi di dalam buah pepaya antara lain : mengandung serat,karbohidrat,protein,vit C,vit A,vit B1,B3,B5,B9 dan vit E,serta kalium,kalsium dan magnesium.

Baiklah,berikut adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah pepaya untuk kesehatan kita :

1. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A dalam buah pepaya terlihat dari warna buah yang agak kemerah merahan,dan tentu saja vit A dalam buah pepaya akan membantu menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari penurunan fungsi penglihatan.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah pepaya di percaya mampu untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar,kandungan enzim papain mampu membuat penyerapan protein lebih mudah dicerna.Dengan mengkonsumsi buah pepaya akan melancarkan dan menjaga sistem pencernaan kita.

3. Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh
Kandungan vit C dan vit E yang di hasilkan buah pepaya akan menjaga kulit anda dari radikal bebas yang bisa merusak sel sel kulit kita.Bahkan buah pepaya ini bisa juga di buat untuk di jadikan masker untuk menjaga kesehatan dan kelenturan kulit.

4. Sebagai Anti Oksidan
Mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang bisa membantu tubuh dalam melawan radikal bebas,sehingga dengan mengkonsumsi buah pepaya juga akan menambah sistem kekebalan tubuh kita.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Buah pepaya mengandung vitamin C dan likopen yang bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.Selain itu,antioksidan di dalam buah pepaya juga mampu meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

6. Sebagai Anti kanker
Buah pepaya akan membantu meningkatkan sistem imunitas,dan kandungan anti oksidannya akan menangkal bahaya radikal bebas pemicu penyakit kanker.


Dan tentu saja masih banyak lagi zat atau senyawa yang baik yang terkandung di dalam buah pepaya ini yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita.Jadi mulai sekarang jangan hindari makan buah pepaya,karena buah pepaya memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan kita.Jadi ingat kalau beli rujak minta di kasih buah pepayanya juga ya guys,seger nih di cuaca terik makan rujak buah.
Terima kasih sudah mampir,dan semoga bermanfaat.