Friday, March 2, 2018

Jalan Kaki Dan Manfaatnya

Jalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dan praktis tanpa mengeluarkan biaya a.k.a gratis,semua orang dalam kodratnya dari lahir akan bertumbuh,belajar melawan gravitasi dengan merangkak lalu mulai berdiri dan berjalan,kemudian berlari.

Berjalan adalah cara manusia melakukan mobilisasi dari daerah satu ke daerah yang lain,pada awal peradaban manusia berjalan kaki adalah satu2 nya cara mobilisasi yg utama di lakukan manusia kala itu.Dengan berjalan kaki manusia purba memiliki fisik yang kuat,bahkan rata2 usia manusia purba mencapai ratusan bahkan ada yang mencapai usia lebih dari 1000 tahun.


Jalan Kaki Dan Manfaatnya

Menurut anjuran pakar kesehatan,jalan kaki sebaiknya di lakukan selama 30 menit dalam sehari,bagi yang belum ter biasa berjalan kaki alangkah baiknya mulailah berjalan dalam waktu 15-20 menit dulu supaya otot2 kita tidak kaget dan mengalami nyeri otot,barulah setelah kita terbiasa berjalan kaki kita tingkatkan waktu menjadi 30 menit setiap hari.

Seiring pesatnya perkembangan jaman,alat transportasi semakin canggih memanjakan penggunanya,banyak dari kita yang menjadi malas berjalan kaki,bahkan di daerah saya,banyak yang menggunakan motor walau hanya dalam jarak yang sangat dekat.Di negara berkembang seperti di indonesia banyak orang malas berjalan kaki,kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kebersihan masih sangat rendah,berbeda dengan negara2 maju yang sudah sadar akan pentingnya kesehatan,banyak masyarakat negara maju yang memilih berjalan kaki daripada menggunakan motor atau mobil.


Inilah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh hanya dengan berjalan kaki 30 menit setiap hari:

Baik Untuk Kesehatan Jantung dan Mencegah Kolesterol
Berjalan kaki secara teratur selama 30 menit setiap hari akan menguatkan jantung dalam memompa darah,sehingga sirkulasi darah akan menjadi lancar,dapat menurunkan kolesterol dan gula darah dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah.Penting!!!bagi yang memiliki penyakit lemah jantung alangkah baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter,untuk mengetahui seberapa baik porsi berjalan kaki bagi si penderita.

Mencegah Penyakit Diabetes Tipe 2
Ketika kita secara teratur berjalan kaki,maka otot2 kita akan bekerja lebih daripada kita hanya bermalas-malasan,penyerapan glukosa akan menjadi lebih baik sehingga bisa menurunkan kadar gula berlebih di dalam darah.Berjalan kaki selama 30 menit per hari bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 30 persen.

Mencegah Stroke
Riset mengatakan dengan berjalan kaki rutin maka akan mengurangi resiko terkena stroke

Mengurangi Lemak Dalam Tubuh/Menurunkan Berat Badan
Dengan berjalan kaki cepat selama 30 menit per hari,maka kita dapat membakar 150 kalori per hari,semakin cepat anda melangkah maka pembakaran kalori akan semakin tinggi sehingga akan membantu untuk mengurangi lemak dalam tubuh.Perlu di perhatikan juga untuk mendapat asupan gizi yang seimbang agar tubuh selalu sehat.(baca juga:cara menurunkan berat badan secara alami)

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Dengan gaya hidup yang malas tentu kita akan mudah terserang penyakit,jalan kaki adalah salah satu olahraga yang ringan dan mudah di lakukan untuk membantu anda memulai hidup yang sehat.

Jalan Kaki Bisa Mencegah Kanker
Bergerak dan bergerak dapat membantu dalam mengeluarkan racun dalam tubuh lewat keringat,berjalan kaki juga akan membantu kita melancarkan buang air besar.Jalan kaki juga bisa menurunkan resiko kanker payudara.

Jalan Kaki Bisa Mengurangi Stress
Jalan kaki ringan akan membantu anda mengurangi rasa stress,dengan bergerak tubuh akan memicu endorfin yang membuat mood anda merasa lebih baik.

Mencegah Osteoprosis
Berjalan kaki di bawah terik matahari pagi atau sore hari akan menguatkan tulang dan terhindar dari osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita beroleh hanya dengan melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki.Mulailah untuk belajar hidup sehat dengan lebih sering berjalan kaki.Galakkan program jalan 10 ribu langkah setiap hari dan rasakan manfaatnya.