Friday, March 9, 2018

Manfaat Air Putih Yang Menyehatkan

Air adalah senyawa penting bagi kehidupan,air menutupi permukaan bumi sebesar 71%.Bisa dikatakan air merupakan salah satu elemen sumber kehidupan yang teramat sangat penting.Tanpa air tanaman tidak akan bertumbuh,tanpa air manusia tidak akan bisa bertahan hidup.

Manusia sendiri membutuhkan paling tidak 2 liter air per hari atau sekitar 8 gelas.Kebutuhan air di dalam tubuh terbilang yang paling dominan,sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air.Jika tubuh kekurangan cairan maka akan banyak penyakit yang bisa muncul,beberapa hal yang di timbulkan bila tubuh kekurangan cairan :

1.Dehidrasi.
Dehidrasi adalah keadaan dimana tubuh manusia kekurangan cairan,sehingga akan menggangu keseimbangan fungsi organ dalam tubuh.Gejala dehidrasi biasanya di tandai dengan mulut yang terasa kering,mudah lelah,badan terasa pegal-pegal,pusing,warna urin terlihat lebih gelap serta kulit yang bersisik dan kering.

2.Gangguan fungsi ginjal.
Ginjal adalah organ tubuh yang penting dalam menyaring cairan tubuh,ginjal akan menyaring racun dalam tubuh dan membuangnya melalui urin dengan bantuan air.dengan kurangnya asupan air minum maka ginjal akan bekerja extra keras,bahkan bisa menyebabkan ginjal mengalami kerusakan yang akan membahayakan kesehatan.

3.Gangguan pada kulit.
Kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat kulit terasa kering dan kusam,bahkan menimbulkan penyakit gatal pada kulit.

4.Mengalami gangguan pada sendi dan pegal nyeri pada otot.

5.Tubuh akan mudah lelah.

Untuk menghindari hal-hal di atas hendaknya cukupkan kebutuhan air dalam tubuh dengan minimal minum 8 gelas air per hari.Minum air putih di saat bangun tidur akan sangat membantu memulihkan kebugaran,minum air putih di saat sebelum dan sesudah makan akan membantu melancarkan pencernakan,dan minum air putih di saat menjelang tidur malam akan membuat tidur anda terasa nyaman.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika kita rutin minum air putih :

1.Dapat menghilangkan haus dan mencegah dehidrasi

2.Membantu memberikan energi bagi otot dan memberikan pelumas bagi sendi-sendi dan menjaga sendi tetap lentur sehingga tidak mudah terkena sakit nyeri otot dan nyeri sendi.

3.Dengan cukup minum air putih akan membantu menjaga metabolisme tubuh dan menjaga berat badan.Karena dengan seimbangnya metabolisme tubuh maka penyerapan kalori pun menjadi baik,sehingga akan menjaga berat badan anda.

4.Menghindari kulit menjadi kering dan ber kerut,minum air putih akan menjaga kelenturan kulit sehingga akan terlihat lebih awet muda.

5.Membantu anda untuk membersihkan sistem pencernaan dari racun yang mengganggu sehingga buang air pun menjadi teratur.

6.Menjaga agar rambut tetap sehat,kekurangan cairan akan membuat rambut anda kering dan kusam.

7.Minum air hangat saat bangun pagi akan membantu dalam membuang toksin dan zat yang tidak di inginkan tubuh melalui urin dan keringat.

8.Minum air hangat sebelum tidur akan merelaksasi anda,dan membuat tidur malam anda nyenyak.

Nah,bagaimana?air adalah kebutuhan dasar bagi kehidupan,namun minum air berlebihan juga akan membahayakan kesehatan.Pandai-pandai lah dalam menjaga kesehatan dengan melakukan hal-hal yang mudah seperti minum air putih secukupnya.Karena kesehatan itu mahal harganya,maka tanamkan pada diri anda untuk melakukan gaya hidup sehat mulai saat ini,ya... saat ini!!!,jangan di tunda lagi.
Semoga Bermanfaat.