Sunday, August 12, 2018

Manfaat Dan Nutrisi Buah Pisang Baik Bagi Kesehatan

Apakah kalian pernah dengar dongeng tentang monyet dan kura kura yang berebutan buah pisang? atau kenapa monyet suka sekali makan buah pisang?buah pisang memang layak di perebutkan,karena pisang kaya akan zat atau senyawa yang baik bagi tubuh manusia,saya juga baru ngeh ketika pak ahok di wawancarai suatu stasiun televisi lokal dan menjawab dengan becandaan,"kenapa pak ahok kok suka makan buah pisang?",pak ahok pun bilang,"monyet suka makan pisang,dan monyet jarang terkena penyakit apalagi kena kolesterol/stroke".Saya sempat berpikir pak ahok ingin ikut ikutan monyet biar bisa gelantungan sana sini ternyata bukan,hehehe....,dan yang di katakan bapak ahok ini benar adanya,bahwa buah pisang memiliki banyak nutrisi,vitamin yang baik bagi kesehatan.


Berikut adalah kandungan nutrisi dan vitamin buah pisang per 100 g :

Kalori (kcal) 88, Jumlah Lemak 0,3 g, Lemak jenuh 0,1 g, Lemak tak jenuh ganda 0,1 g, Lemak tak jenuh tunggal 0 g, Kolesterol 0 mg, Natrium 1 mg, Kalium 358 mg, Jumlah Karbohidrat  23 g, Serat pangan 2,6 g, Gula 12 g, Protein 1,1 g, Vitamin A 64 IU, Vitamin C 8,7 mg, Kalsium 5 mg, Zat besi 0,3 mg, Vitamin D 0 IU, Vitamin B6 0,4 mg, Vitamin B12 0 µg, Magnesium 27 mg.

Dan berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi buah pisang bagi kesehatan :

1. Penghasil energi yang instan
Jika kita lagi tidak bertenaga atau sedang dalam konsdisi lapar dan kita memerlukan asupan energi yang cepat di serap tubuh,maka dengan mengkonsumsi buah pisang energi kita akan cepat di pulihkan kembali.Perlu di ketahui juga hanya dengan mencium bau pisang saja ,anda akan memanipulasi otak dan berpikir kalau anda sudah benar benar makan.

2. Membantu program diet anda
Buah pisang sangat cocok bagi kalian yang sedang menjalani masa diet untuk mengurangi berat badan.Mengandung serat dan nutrisi yang komplek pisang dapat membuat kalian menstimulus otak untuk tidak mudah merasa lapar.

3. Membantu kesehatan sistem pencernaan
Mengandung serat yang tinggi,buah pisang dapat membantu melancarkan pencernaan.Membantu mengurangi masalah sembelit,dan tentu saja serat akan membantu dalam proses pembuangan kotoran secara lancar.

4. Mengurangi rasa cemas atau stress
Bagi kalian yang sedang mengalami banyak masalah,cobalah sekali kali untuk mengkonsumsi buah pisang.Pisang mengandung protein tryptophan yang bisa memicu produksi serotonin,yaitu sebuah senyawa kimia yang dapat menjadikan Anda lebih rileks dan ceria.

5. Baik menjaga fungsi jantung
Pisang kaya mineral elektrolit kalium,yang ketika masuk ke dalam tubuh akan lansung mengalir dalam aliran darah dan berjalan di sekitar sel dalam seluruh tubuh.Mengkonsumsi pisang dapat menambah nutrisi untuk jantung kita.Pisang juga kaya serat,yang mampu mengatur kadar kolesterol supaya terhindar dari penyakit jantung koroner.

6. Baik menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A di dalam buah pisang,mampu membantu anda dalam menjaga kesehatan mata dan mengurangi kerusakan akibat degenerasi yang di sebabkan penuaan.Satu pisang ukuran besar,memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A.Pisang juga mengandung alpha karoten dan juga beta karoten,yang dapat diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata anda.

7. Membantu regenerasi sel sel yang rusak
Vitamin B6 dalam buah pisang membantu tubuh untuk memproduksi insulin,hemoglobin dan juga amino nonesensial asam yang diperlukan untuk membuat sel-sel sehat.Hal ini juga membantu untuk memproduksi antibodi untuk melawan infeksi.

8. Baik bagi penderita diabetes
Dengan kandungan vitamin B6 yang tinggi,pisang mampu untuk memproduksi insulin dan mengontrol kadar glukosa dalam darah.

9. Melancarkan peredaran darah
Buah pisang memiliki sejumlah kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah.Kandungan kaliumnya dapat membantu mengatur tekanan darah sehingga menekan resiko penyakit stroke.

Demikinanlah beberapa manfaat yang bisa kita dapat hanya dengan mengkonsumsi buah pisang.Buah pisang kaya akan nutrisi dan vitamin yang bisa membantu kesehatan anda,namun hindari mengkonsumsi pisang dengan cara di goreng,selain kandungan minyak yang kurang baik bagi kesehatan,menggoreng pisang juga akan mengurangi sejumlah nutrisi yang ada di dalam buah pisang itu sendiri.Untuk lebih maksimal lebih baik di konsumsi langsung saja atau bisa juga di buat jus dengan campuran campuran yang menyehatkan.