Monday, November 13, 2017

Tip Menjaga Kebersihan



Siapa sih yang ga pengen punya rumah bersih,lingkungan juga bersih dan terawat,tempat yang nyaman untuk beristirahat menghilangkan penat,jenuh setelah seharian penuh,bergelut dengan waktu,tenaga dan pikiran."KEBERSIHAN PANGKAL KESEHATAN" itu salah satu slogan yg sering kita semua dengar ada juga "KEBERSIHAN ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN".Sepertinya slogan hanyalah slogan,masuk telinga kiri keluar telinga kanan tanpa berhenti sejenak di otak kita,lihat saja di jalanan,anak,tua,muda semua kalangan pasti pernah melihat orang yang buang sampah sembarangan kan?atau barang kali malah anda sendiri yg masih suka buang sampah sembarangan?


Jika dewasa ini kita sering dengar gembor2 orang teriak2 di jalanan mengatakan iman nya lebih besar dari yg lain,sok pamer paling ber iman tp kok hal sepele seperti buang sampah masih sembarangan,bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman?bersih hati,bersih pikiran dan bersih fisikly tentu saja itu semua wajib di lakukan.lihat di setiap sudut kota di negara kita ini pasti banyak tempat2 yang kumuh,sampah yang menumpuk,asap polusi dan banyak hal yg tidak pernah kita anggap penting padahal kesehatan itu adalah berkat dari SANG PENCIPTA yang utama,hidup yg tidak bersih maka penyakit akan mudah menyerang.




Saya akan memberikan tips dan cara menjaga kebersihan lingkungan buat kita renungkan dan jalankan,berikut tips dari saya:
  1. Mulailah tanamkan pada diri kita sendiri untuk tidak membuang sampah sembarangan walaupun itu cuma plastik,kertas atau puntung rokok dll,buanglah sampah pada tempatnya.
  2. Beritahu pula sanak keluarga,teman dan sodara bahwa membuang sampah sembarangan adalah hal yang tidak baik dalam ajaran agama apapun.(karena nasehat berbau agama lebih sering masuk ke hati.hehehe).
  3. Dalam lingkungan rumah,sapu dan bersihkan debu2 tiap pagi dan sore,supaya seluruh anggota keluarga nyaman di dalam rumah.
  4. Belilah tempat sampah jika tidak punya,dan ajarkan lah anak2 usia dini untuk membuang sampah pada tempat sampah(ini penting!!guna mendidik anak cucu supaya melek dalam menjaga kebersihan).
  5. Berkacalah pada dunia barat akan hal2 kebersihan dan mental yang disiplin dalam membuang sampah.(seharusnya kita negara timur yg lebih religius harus lebih bersih kota n warganya dari dunia barat).

Terus terang saya kalau lagi lihat youtube tentang kota2 di dunia barat atau kota di asia timur,jalanannya terlihat bersih dan rapi,para warga juga disiplin sekali,saya jd iri.Sering saya lihat orang yg berjalan di trotoar memegang botol bekas minum maupun sampah,mereka berjalan sambil membawa sampah makanan sampai ketemu tempat sampah baru dibuang.Sifat mental disiplin seperti inilah yg harus di anut penduduk negara kita ini.



Sesungguhnya bumi kita ini adalah mutiara yg indah,save earth go green!!!