Saturday, September 22, 2018

Manfaat Dan Kandungan Nutrisi Buah Naga Yang Baik Untuk Kesehatan

Buah naga adalah buah yang termasuk dalam kategori tanaman kaktus. Tanaman ini pada umumnya tumbuh subur di daerah Asia tenggara, Taiwan, dan termasuk juga di Indonesia. Buah Naga memiliki rasa yang unik dan lezat. Karena popularitasnya yang terus naik, saat ini buah naga juga telah hadir di Amerika Selatan. Di samping rasanya yang nikmat, buah naga juga menawarkan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan kita.


Buah naga memiliki kulit yang bertekstur mirip seperti sisik naga (mungkin). Warna daging buahnya berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Buah naga hadir dalam 3 varian yaitu daging putih, daging kuning, dan daging merah. Daging buahnya dipenuhi dengan semacam biji atau bulir berwarna hitam. Bulir-bulir hitam ini memiliki rasa yang manis jika digigit. Dari ketiga jenis buah naga tersebut, buah naga dengan daging buah berwarna merah adalah yang paling memiliki banyak penggemar karena rasanya paling lezat diantara ketiganya.

Bagaimana, Anda paling suka buah naga warna apa? Sebelum berlanjut ke topik pembahasan utama, sebelumnya mari kita bahas mengenai kandungan nutrisi buah naga. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Dalam Buah Naga :

Karbohidrat, Protein, Kalsium, Zat Besi, Serat, Thiamine (Vitamin B1), Riboflavine (Vitamin B2), Niacin (Vitamin B3), Vitamin A, Vitamin C, Fosfor, Seng, Anti-oksidan, Lycopene, Asam Lemak Omega 3, Asam Lemak Omega 6

Setelah mengetahui berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam buah naga, sekarang mari kita kupas tentang manfaat kesehatan yang dapat diambil darinya. Lebih dalam lagi, kita juga akan membahas mengenai bagaimana cara yang tepat untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan


Buah naga merupakan salah satu sumber nutrisi alami yang penting, termasuk di dalamnya vitamin dan mineral. Kekayaan kandungan buah naga menjadikannya buah terbaik untuk mencegah beberapa penyakit serta menjaga kecantikan kulit. Mari kita bahas aneka manfaat buah naga baik yang belum banyak diketahui orang maupun yang telah banyak diketahui orang.

1. Membantu Menurunkan Kolesterol
Seperti yang telah menjadi rahasia umum, ketidakseimbangan kadar kolesterol dalam darah merupakan hal fatal yang dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan serius.  Di dunia ini ada 2 jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Keduanya memiliki nama yang mirip namun sangat berbeda. Lemak tak jenuh atau lemak baik akan membantu tubuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sebaliknya, lemak jenuh akan memicu munculnya kolesterol.

Buah naga mengandung asam lemak omega 3 dan juga omega 6, serta lemak tak jenuh ganda. Semua ini termasuk dalam jenis lemak baik bagi tubuh sejalan dengan fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jadi, jika Anda ternyata memiliki kadar kolesterol darah di atas rata-rata, ambil saja buah naga dan rasakan manfaatnya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Anda cukup mengkonsumsi 1 buah naga per hari secara rutin untuk menambah jumlah lemak baik di dalam darah sambil menurunkan kolesterol secara alami.

2. Mencegah Kanker
Buah naga adalah sumber vitamin C dan juga karoten. Karoten di dalam buah-buahan ini penuh dengan khasiat anti zat karsinogen yang akan membantu menurunkan resiko terkena penyakit kanker dan juga tumor.

Kandungan licopene di dalam buah naga (merah) adalah komponen terbesar yang membuat buah naga memiliki warna merah. Zat lycopene juga dikenal mampu mencegah terjadinya penyakit kanker prostat. Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan resiko tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Jadi, cara alami untuk mencegah kanker dan tumor adalah dengan cara menjalankan diet dengan menambahkan buah naga dalam makanan sehari-hari Anda.

3. Membantu Mencegah dan Mengobati Diabetes
Buah naga dipenuhi dengan serat dan ini membuatnya menjadi buah yang ideal untuk dijadikan sebagai penurun gejala diabetes pada pasien dengan diabetes. Asupan serat sesuai jumlah yang dibutuhkan dapat menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan juga membantu menghambat kenaikan gula darah secara drastis.

Konsumsi buah naga juga memiliki efek yang bagus untuk tekanan oksidatif pada penderita diabetes. Banyak spesialis diabetes merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah naga secara teratur untuk menurunkan berbagai tanda-tanda diabetes.

4. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Sistem tubuh dalam mempertahankan kondisinya dikenal sebagai sistem imun. Sistem ini akan bekerja melindungi tubuh dari infeksi dan juga penyakit lainnya. Menurut beberapa studi, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Buah naga termasuk dalam satu buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah cukup banyak yang akan meningkatkan sistem imun. Konsumsi buah naga secara teratur juga dikenal mampu meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Semakin berkualitas buah naga yang kita konsumsi, semakin baik pula tubuh Anda bertindak melawan bakteri penyebab penyakit.

Meningkatkan imunitas juga dikenal sebagai salah satu manfaat kesehatan terbaik yang bisa didapatkan dari buah naga.

5. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa jadi merupakan cara termudan dan tercepat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Inilah yang akan terjadi di dalam tubuh Anda ketika mengkonsumsi buah naga secara teratur. Buah naga juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan dengan mengambil objek penelitian buah naga, dibuktikan bahwa mengkonsumsi buah naga dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit terkait jantung seperti stoke dan serangan jantung. Buah naga akan bertindak menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Jika hal ini terus dilakukan dengan disiplin, sedikit demi sedikit level gula darah dalam tubuh akan stabil. Dengan sendirinya kesehatan kardiovaskular pun akan meningkat.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Buah naga merupakan sumber fosfor dan kalsium. Kandungan alami ini membantu memperkuat tulang dan gigi. Berdasarkan penelitian, dibuktikan bahwa konsumsi buah naga secara teratur juga dapat menurunkan resiko terjadinya osteoporosis. Buah naga juga dapat meningkatkan massa tulang serta memperkuat gigi secara alami.

7. Baik Untuk Pencernaan
Keluhan ringan pada saluran pencernaan seperti konstipasi bisa berujung pada ketidaknyamanan. Pada kondisi ini akan menuntut Anda untuk meningkatkan asupan serta secara signifikan.

Meskipun di luar sana banyak sekali suplemen yang beredar di pasaran untuk mengatasi konstipasi dengan klaim mengandung berbagai macam serat alami, namun cara terbaik untuk mengatasi sulit buang aur besar pastinya adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya serat dalam bentuk yang masih segar.

Sistem pencernaan adalah salah satu organ tubuh yang harus diperhatikan kesehatannya. Untuk itu Anda perlu mengkonsumsi makanan alami kaya serat, salah satunya adalah buah naga. Buah naga merupakan sumber serat alami yang sangat baik untuk membantu meningkatkan pergerakan usus serta mengurangi kemungkinan terjadinya konstipasi serta kelainan usus lainnya.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Protein berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Tahukah Anda? Sistem metabolisme tubuh yang baik dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda sedang mencari makanan kaya akan protein, kebanyakan akan mengandalkan unggas untuk memenuhi asupan tersebut. Jika bukan unggas biasanya Anda akan mengandalkan susu dan segala macam produk olahan susu.

Akan tetapi, pada kenyataannya ada banyak ragam buah dan sayuran yang kaya akan kandungan protein dan salah satunya adalah buah naga. Buah naga mengandung sejumlah protein yang dibutuhkan tubuh. Kandungan protein ini akan meningkatkan sistem metabolisme dan membantu program penurunan berat badan Anda.

Jadi, jika di lain waktu Anda mencari makanan untuk menambah asupan protein, jangan lupakan buah naga. Kandungan protein di dalamnya akan membantu proses perbaikan sel dan jaringan.

9. Sebagai Anti Jamur dan Anti Bakterial
Tahukah Anda? Buah naga ternyata mengandung komponen anti jamur dan anti bakterial yang tinggi. Konsumsi buah naga akan menambah jumlah sel darah putih dalam tubuh dan secara bertahap akan melindungi tubuh dari bakteri dan infeksi.

Buah naga juga membantu merangsang terjadinya proses regenerasi sel yang selain dapat membuat kulit lebih cantik, juga dapat mempercepat proses penyembuhan dari luka. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang tidak biasa sekaligus juga terbaik dari buah naga.

Konsumsi buah naga secaca teratur sekitar 1 buah per hari disarankan untuk melindungi tubuh dari infeksi jamur dan juga racun yang terakumulasi dalam tubuh.

10. Baik Untuk Perawatan Rambut
Buah naga mengandung protein, asam lemak omega 3, dan juga asam lemak omega 6. Kandungan protein dan juga asam lemak omega 3 dan 6 di dalamnya dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut seperti memperkuat folikel rambut dari akar hingga ke bagian ujungnya.

Proses pewarnaan rambut menggunakan substansi kimia bisa merusak rambut dan membuatnya jadi rapuh. Mengkonsumsi buah naga secara teratur atau juga mengaplikasikannya pada rambut bisa membuat rambut menjadi lebih kuat, lebat, dan berkilau secara alami. Ini juga mengurangi kerontokan rambut dengan meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting untuk kesehatan pertumbuhan rambut.

11. Baik Untuk Mengatasi Kulit Terbakar Matahari
Selain dari manfaat kesehatan yang banyak dari buah naga, buah tersebut juga bisa digunakan untuk merawat beberapa kondisi kerusakan kulit, salah satunya adalah kulit yang terbakar matahari.

Meski ada banyak produk kosmetik di pasaran yang menjanjikan manfaat mengatasi efek terbakar sinar matahari, namun kadang hasil yang didapatkan tidaklah sesuai dengan ekspektasi. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan buah naga untuk mengatasi masalah tersebut. Buah naga dapat dimanfaat untuk menangani kasus ini karena dia mengandung banyak komponen anti inflamasi dan juga vitamin C.

12. Membantu Mencegah dan Mengobati Jerawat
Buah naga mengandung banyak vitamin C, anti jamur, dan juga anti bakterial. Kombinasi ketiganya dapat menjadi suatu paket alami yang mampu digunakan untuk mencegah dan juga mengobati jerawat.

Caranya adalah dengan membuat jus buah naga tanpa gula, kemudian gunakan cotton buds untuk mengoleskannya pada jerawat. Jika Anda memiliki jerawat lebih dari satu, pastikan untuk menggunakan cotton buds yang berbeda untuk setiap jerawat untuk mencegah penyebaran bakteri. Biarkan cairan buah naga tersebut selama 20 menit sampai meresap pada kulit. Kemudian, basuh dengan air bersuhu normal sampai bersih.

Proses ini dapat diulang sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari sampai jerawat benar-benar hilang. Cara ini juga akan membuat kulit Anda kenyal secara bertahap dan berkilau.

13. Buah Naga Untuk Kesehatan Mata
Apakah Anda penasaran bagaimana cara mempertajam penglihatan hanya dengan mengkonsumsi buah? Ternyata cara untuk mewujudkannya benar-benar ada. Buah naga mengandung vitamin A dalam bentuk karoten. Karoten adalah nutrisi esensial yang membantu meningkatkan penglihatan mata. Kandungan tersebut juga dapat membantu meningkatkan penglihatan orang lanjut usia yang memiliki masalah rabun senja terkait usia.

Menurut penelitian, kekurangan vitamin A merupakan faktor penyebab terjadinya rabun senja. Oleh karena itu, buah naga dengan kandungan karotennya adalah sumber nutrisi terbaik untuk membantu kualitas penglihatan agar tetap prima.

Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan jangan lupa makan buah naga! Terimakasih telah mampir dan sampai jumpa di artikel berikutnya.