Wednesday, September 26, 2018

Manfaat Buah Pir Baik Untuk Kesehatanmu

Musim panas seperti ini, memang paling enak makan buah yang segar dan memiliki kandungan air yang bisa bikin haus ilang entah kemana, nah kali ini saya akan membagikan beberapa manfaat dan khasiat buah pir yang dapat membantumu untuk menjaga kesehatan.


Buah pir tergolong ke dalam genus Pyrus, adalah sejenis tanaman yang tumbuh di berbagai tempat di dunia, dari daerah pantai hingga daerah beriklim sedang, dari Eropa barat hingga Afrika utara dan Asia.Pohon berketinggian sedang, bisa mencapai 10- 17 meter, tapi ada yang  pendek dan berdaun rimbun. Daun berselang seling, berbentuk lonjong yang lebar tapi bisa juga berbentuk membujur panjang ( lanceolate) Yang langsing. Panjangnya antara 2- 12 cm. Pada sebagian spesies, daun berwarna mengkilat atau sedikit berbulu berwarna keperakan.Terdapat 30 spesies buah pir , diantaranya adalah Pyrus communis, Pyrus nivalis, dan Pyrus salicifolia.

Buah pir hampir sama dengan buah apel. Pir dan apel merupakan kedua tanaman yang berkerabat,  sehingga beberapa spesies buah ini kadangkala sukar dibedakan. Namun sebenarnya keduanya dapat dibedakan dengan mudah. Daging buah pir memiliki sel batu, sedangkan apel tidak. Bila buah apel dapat mengapung di air, maka buah pir akan tenggelam.

Dari segi kesehatan, buah pir merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Selain itu, buah pir juga mengandung kalium, kalsium, vitamin A, gula, serta protein.

Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi buah pir yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita :

1. Membantu menjaga kesehatan pencernaan
Buah pir kaya akan kandungan serat yang baik untuk mengatasi masalah sembelit, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.Serat yang di kandung dalam buah pir akan membantu melancarkan sistem pembuangan kotoran.

2. Mengandung vitamin C
Buah pir kaya akan vitamin C, vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh selain sebagai antioksidan juga berfungsi sebagai kolagen untuk membantu pengangkutan lemak dalam tubuh.

3. Mencegah kanker
Selain dapat mengikat lemak dan kolestrol, kandungan yang terdapat dalam buah pir dapat mengikat zat yang dapat memicu terjadinya kanker.

4. Mencegah hipertensi
Kandungan nutrisi yang tinggi didalam pir dapat membantu kebutuhan tubuh. Jika kita mengkonsumsi 1 buah pir berarti kita telah memenuhi 18 persen kebutuhan tubuh

5. Mencegah gula darah
Kandungan serat yang tinggi dalam pir dapat membantu memperlancar pencernaan tubuh. Selain itu serat buah pir dapat mencegah terjadinya gula darah.

6. Baik untuk kesehatan jantung
Cairan dan serat dalam pir dapat membatu menjaga kesehatan jantung kita. Dengan mengkonsumsi 1 buah pir maka dapat mengurangi 50 persen kejadian stroke.

Banyak manfaat yang bisa kita dapat jika kita mengkonsumsi buah pir. Tidak perlu menggunakan obat-obatan yang dapat mempengaruhi ginjal kita, hanya dengan mengkonsumsi buah pir kita sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dan nutrisi.