Tuesday, October 16, 2018

Manfaat Terapi Bekam Yang Perlu Di Ketahui

Bekam atau Kop adalah suatu media terapi yang sekarang sering kita dengar, banyak masyarakat timur percaya dengan melakukan bekam, maka akan membantu proses penyembuhan suatu penyakit yang di derita.


Terapi Bekam adalah media semacam mangkuk yang kedap udara yang kemudian di panaskan dan di tempelkan di atas kulit tubuh manusia, karena bekam yang panas dan kedap udara tertutup oleh kulit, maka secara ilmiah udara di luar kop/ bekam tadi akan terhisap masuk ke dalam mangkuk bekam.

Bekam sudah dikenal sejak zaman dulu, yaitu kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang sampai Babilonia, Mesir kuno, Saba, dan Persia. Pada zaman Nabi Muhammad, dia menggunakan tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, gading gajah., tehnik bekam sendiri sudah dikenal oleh masyarakat mesir dan china kuno sebagai tehnik pengobatan penyakit, banyak masyarakat timur percaya dengan melakukan pembekaman maka darah akan mengalir lancar dan membantu proses segala penyakit.

Berikut adalah Manfaat Bekam :

1. Melancarkan peredaran darah
2. Menghilangkan zat sisa endapan seperti kolestrol, sisa metabolic dan toksin
3. Merangsang pembentukan sel darah merah yang baru.
4. Meningkatkan daya pikir dan kecerdasan.
5. Menajamkan funsi mata.
6. Melenturkan otot yang kaku.
7. Merangsang aktifitas sumsum tulang.
8. Meningkatkan kinerja organ dan kelenjar
9. Menstabilkan angin dalam pembuluh darah.
10. Meningkatkan efektifitas penyampaian zat makanan dan oksigen kesemua sel karena terbentuknya sel darah merah yang baru.
11. Mengurangi beban kerja limpa karena darah yang sudah tua tidak dimetabolisme dilimpa tetapi dikeluarkan dengan bekam.
12. Merangsang sistem kekebalan tubuh.

Banyak yang percaya bekam mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, namun di dalam dunia kedokteran modern, para ahli medis meneliti bahwa kesembuhan yang terjadi setelah melakukan bekam adalah sebuah sugesti.
Karena kita hidup di dunia timur, dan sugesti positif memang menjadi suatu obat yang mujarab bagi kesehatan, jadi tidak ada salahnya untuk mulai mencoba terapi ini.

Namun perlu di perhatikan juga efek setelah melakukan terapi bekam :

1. Kulit sedikit terbakar
2. Badan akan terasa tidak nyaman
3. Bekas bekam akan menimbulkan memar
4. Dapat menimbulkan infeksi pada kulit

Nah, itulah manfaat dan efek samping dari terapi bekam yang perlu kalian ketahui, walaupun bekam belum terbukti secara ilmiah dalam proses penyembuhan penyakit, namun karena banyak masyarakat timur yang religius, yang memiliki sugesti positif akan terapi bekam, maka kesembuhan bisa saja terjadi karena kita selalu berfikir positif.Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mampir.